Main ke Kantor Danone Indonesia


Assalamualaikum readers :)

Sebagai mahasiswa semester akhir, gue - mungkin kalian juga, memang udah harus ngerancang abis lulus itu gue mau ngapain. Dulu gue sempet kepikiran pengen S2 dulu aja, soalnya kita juga tau Kemenkeu lagi gencar-gencarnya nyediain kuota LPDP yang banyak, tapi makin kesini gue ngerasa kalo otak gue butuh istirahat dari pembelajaran formal, jadi gue pengen nyari kerja dulu. Kebetulan jurusan gue ada di ranah industri, otomatis orientasi gue buat nyari kerja itu lebih ke arah industri, walaupun gue juga gak menutup kemungkinan buat kerja di pemerintahan. 


Kita tau kalo di Indonesia itu banyak banget perusahaan, mulai dari bidang customer goods, otomotif, chemist & pharmacy, petroleum, dan banyak lagi. Kebanyakan perusahaan itu punya kantor pusat (Head Office) di Jakarta, makanya gue ngerasa kalo peluang kerja di Jakarta lebih banyak, tapi seleksinya juga pasti lebih ketat, jadi gak heran kalo banyak orang yang akhirnya kurang beruntung buat fight di Ibu Kota. Makanya sebelum gue terjun ke dunia nyata, gue ngerasa kalo gue butuh banyak persiapan, salah satunya ngeliat profil-profil perusahaan. Semenjak semester 7 gue udah mulai tuh liat-liat profil perusahaan di Indonesia yang berhubungan sama ranah jurusan gue. Sebenernya gue ngerasa dengan ngeliat profil perusahaan kaya gitu, kita jadi bias tau culture perusahaan itu kaya gimana, jadi kita bisa tau diri kita tuh sesuai gak sama perusahaan tersebut atau culture di sana sesuai gak sama kita. 

Dari banyak perusahaan yang ada itu, ada beberapa perusahaan yang menarik perhatian gue, perusahaan-perusahaan multinasional yang produknya udah bertebaran di seluruh Indonesia, salah satunya Danone. Hayo siapa disini yang gak kenal Danone? Mungkin yang terlintas dari benak kalian waktu denger kata Danone adalah air minum dalam kemasan bermerk Aqua. Yap, Danone Indonesia emang produsen Aqua, Mizone, Vit Levite, selain itu Danone juga punya brand-brand susu formula kaya SGM sama Bebelac. Kantor pusat Danone sendiri ada di Paris, Prancis, sementara di Indonesia, HO nya ada di Gd. Cyber 2 daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Yang bikin gue penasaran dari si Danone ini adalah bagaimana mereka bisa jadi Top Multinational Company hanya dengan menjual produk yang notabene adalah air. 

Makanya kemaren waktu Danone buka Program Discovering Management Talent, gue ikutan. FYI acara ini diikutin sama beberapa blogger yang memang diundang Danone buat ngebedah Talent Management mereka. Kalo kalian bingung, yang dimaksud talent disini adalah sdm yang bekerja di Danone. Acaranya kebetulan diadain di HO nya Danone. Gedung Cyber 2 memang diisi sama beberapa perusahaan, kantornya Danone ada di lantai 9, 12, dan 16. Kesan pertama gue masuk ke wilayah kantornya Danone adalah bersih, nyaman, dan sehat aja gitu litanya. Daan betapa beruntungnya gue soalnya pembicara di program ini adalah atasan-atasannya Danone :)

Sumber: Doc Discovering Talent Management Danone
Sesi yang pertama itu diisi sama Bapak Arif Mujahidin selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia. Pak Arif nyeritain gimana sejarahnya Danone ke Indonesia, mulai dari mengakuisisi PT Tirta Investama (Aqua) sampe ke Sari Husada. Highlights profil juga ditampilin waktu beliau presentasi. Ada yang menarik buat gue, Danone itu punya visi One Planet One Health terus misinya itu Bring health through food to as many people as possible. Visi dan misi ternyata gak cuma tergambar dari produk-produk yang mereka buat, tapi juga dari pelayanan mereka buat karyawan. Misalnya nih di kantorya aja ada tempat sampah yang udah kepisah-pisah antara yang plastik, kertas, sama organik, terus juga buat karyawan perempuan bisa cuti 6 bulan setelag melahirkan, dan visi misinya ini mereka tanem ke semua karyawan baik yang di kantor maupun yang di lingkungan pabrik. Makanya karyawan disini kerja bukan cuma buat diri sendiri, tapi mereka ikut serta buat ningkatin kesehatan dan kualitas hidup masyarakat di Indonesia. Keren gak tuh?

Sumber: Sumber: Doc Discovering Talent Management Danone
Sesi yang kedua diisi sama Bapak Evan Indrawijaya sebagai HR Director Danone ELN Indonesia. Nah di sesi ini Pak Evan ngejelasin "jalur-jalur" masuk Danone, ada beberapa diantaranya:
1. Management Trainee (MT Star) : ini program khusus fresh graduate yang minimal punya beberapa pengalaman kerja. Di program ini mereka ditempa buat jadi calon-calon petinggi Danone. Lama programnya sekitar tiga tahun, jadi setelah tiga tahun MT insyaAllah para MT akan langsung di tempatin di posisi-posisi strategis yang ada di perusahaan. Nah program ini tuh yang paling terkenal dan banyak banget peminatnya. Buat kuota per tahunnya sendiri, pak Evan bilang sekitar 40-60 talent yang direkrut.Adapunn proses seleksinya itu kaya gini nih

Sumber: Instagram @dancommunityid

2. Link and Match: kalo program yang ini sifatnya lebih kaya internship atau magang, jadi durasi waktunya lebih pendek dibanding MT Star
3. Professional Recruitment: kalo kalian udah jadi professional, udah punya pengalaman kerja dimana-mana, baru lewat program yang ini. Alur seleksinya gak sepanjang MT Star, jadi gak ada tahapan LGD/ FGD tapi calon talent bakal langsung di interview. Tentunya buat professional, kuotanya pasti lebih sedikit, dan untuk perusahaan sebesar Danone, mereka pasti nyari yang bener-bener berpengalaman. 

Jadi buat temen-temen yang sekarang posisinya masih kaya gue, mahasiswa tingkat akhir, kalian bisa mulai kepo kepo soal career recruitment program Danone nih di:
Instagram: @dancommunityid
Website: http://www.dancommunity.com/career-opportunity/
Twitter: @DanCommunityID
Official Line: @dancommunityid

Selain program rekruitmen, Danone juga nyediain program-program internal dan training buat karyawannya. Jadi kalo kita kerja di Danone, career path kita bener-bener bisa terencana. Yang paling menarik adalah karena Danone ini perusahaan multinasional, karyawan Danone punya kesempatan buat kerja di kantor Danone di negara manapun yang ada kantor Danonenya. Seru banget kan, punya peluang keluar negeri, digaji, dan masih dilatih. Jadi Danone ini bener-bener pengen banget karyawannya berkembang terus. Makanya ada slogan yang bilang kalo Danone itu "great place to work and grow".



Sesi yang ketiga diisi sama Mr. Gustavo Hildenbrand, yaitu GM nya Nutricia Sari Husada. Nah Mr.Gustavo ini nyeritain gimana beraneka ragamnya karyawan yang ada di Danone. Memang sih dari 15.000 total karyawan Danone Indonesia, karyawan perempuannya masih sekitar 15% nya. Tapi karyawan-karyawan perempuan ini bener-bener gak dibatesin career pathnya. Selain itu Mr.Gustavo juga bilang kalo Danone Indonesia punya tingkat diversity karyawan paling tinggi dari Danone di negara lain, mulai dari agama, suku, dsb, tapi semua karyawannya diperlakukan sama, gak ada spesialisasi yang berhubungan sama SARA. Di Danone, semua yang kompeten berhak buat berkembang dan melebarkan karirnya. Beliau juga cerita tentang gimana terbukanya Danone terhadap karyawan. Disini, gak ada status senior-junior, bahkan karyawan MT aja selalu didenger usulannya. Makanya slogan Great place to grow ini pas banget buat Danone. 


Sumber: Doc Dscovering Talent Management Danone

 Sesi yang terakhir diisi sama pemateri paling inspiratif menurut gue, yaitu Mrs. Corine Tap. Mr. Corine Tap ini merupakan ibu dari 4 anak. Setelah melihat sosok beliau gue baru yakin kalo Danone itu bener-bener gak rasis, apalagi terhadap gender. Inclusive Diversity yang diterapin Danone bener-bener kerasa waktu liat Mrs. Corine ini. Btw beliau adalah Presdirnya PT Tirta Investama (Danone-Aqua). Kita tau di Indonesia sendiri, posisi-posisi kunci di suatu perusahaan masih jarang banget ditempatin perempuan, bahkan ada yang anti banget ngangkat perempuan sebagai atasan. Beda sama di Danone ini, pokoknya asal kita punya kompetensi, kita berhak berkembang, gak liat perempuan atau laki-laki deh. Sesi ini juga yang bikin gue makin tertarik buat masuk Danone :D Doain ya readers hehe


Sesi selanjutnya itu sharing-sharing sama alumni MT Star yang sekarang udah jadi karyawan tetap di Danone. Sesi ini diisi sama Kak Aci, Kak Jojo, sama Kak Dedy. Tau gak mereka semua udah pernah kerja di kantor Danone luar negeri lho. Kak Aci pernah kerja di Danone Chine, Kak Dedy pernah kerja di Danone Singapur, dan Kak Jojo pernah dikirim ke Danone Spanyol. Jadi dari cerita -cerita mereka gue bias nyimpulin kalo Danone itu bener-bener perusahaannya yang bukan cuma memperkerjakan tapi juga memberikan kesempatan buat karyawannya buat berkembang maju.


Nah sesi yang terakhir adalah sesi office visit. Sebenernya bentuk workspace Danone gak jauh beda sama kantor-kantor yang lain. Cuma di sini sekat yang dipake di tiap meja karyawan itu emang lebih rendah, jadi sesame karyawan masih bisa ngobrol tuh. Terus yang gue seneng lagi dari Danone adalah seragam kerja mereka fleksibel, kantor danone emang bernuansa casual gitu, jadi karyawan di sini bebas ngantor pake baju se-casual mungkin asal tetep sopan dan rapih. Jarang banget kan ada kantor yang kaya gitu. Oiya dari beberapa spot di kantor Danone ini, ada satu spot yang menarik perhatian gue, yaitu DanLounge. DanLounge itu suatu ruangan yang di dalemnya kaya kafe, ada mini perpusnya, bahkan ada tempat buat main PS dan karaoke-an, dan disediain snack sehat gratis di pojok ruangan buat karyawan-karyawan Danone yang mampir ke ruangan ini. DanLounge ini biasanya dipake buat tempat diskusi semi-formal antar karyawan. Karna tempatnya juga cozy gue rasa setiap karyawan Danone yang penat di ruang kerja mereka bisa mampir ke ruangan ini buat sedikit refreshing. Pokoknya gue ngerasa karyawan disini kerjanya menyenangkan deh.

Sumber: Doc Discovering Talent Management Danone 

Pokoknya gue seneng banget bisa jalan-jalan di kantornya Danone, dan gue makin mantap buat ngejadiin Danone sebagai salah satu target yang dituju buat nyari tempat kerja setelah lulus kuliah nanti. Jadi daritulisan gue hari ini, semoga readers juga bisa tau lebih banyak tentang Danone ya :) Apalagi buat readers yang senasib tingkat akhir semoga tulisan ini juga bisa jadi referensi kalian buat nyari tempat kerja hehe. Mungkin cerita tentang kerja di Danone ini bakal bersambung setelah gue beneran jadi karyawan di sana hehe Amiiiin. Doain ya readers :)

Akhir kata, kalo ada komen dan masukan buat tulisan ini, jangan malu buat komen di bawah ya readers.

Wassalamualaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar