Turning 22!


Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah, tepat hari ini gue menginjak umur 22 tahun. Yang artinya gue makin tua dan umur gue di dunia ini makin berkurang. Gue juga bersyukur karena Allah ngasih kesempatan gue hidup sampe sekarang, tanpa sedikit pun kekurangan. 

Sedikit cerita semenjak gue berumur 20 tahun, gue ngerasa deg-degkan banget buat menghadapi hidup. Banyak pikiran kaya: abis lulus kuliah mau ngapain, mau kerja dimana, mau ngelanjutin S2 apa engga, mau nikah sama siapa, gimana nanti dunia kerja, gimana caranya hidup mandiri tanpa sepeser pun uang orang tua, apa gue lulus langsung dapet kerja nanti, apa kerjaan gue bakal layak, will I survive??? And honestly at that moment I wasn't ready to become an adult people. 
Gue anak sulung dari 3 bersaudara, artinya mau gak mau, siap gak siap sebentar lagi gue bakal jadi tulang punggung keluarga ketika orang tua gue pensiun, dan ini sekiar 4 tahunan lagi. Terus saat itu gue mikir, gue belom bisa apa-apa, hidup gue masih tergantung sama orang tua, gue masih manja, pokoknya masih kekanak-kanakan. Dulu waktu kecil gue pengen cepet-cepet jadi orang dewasa, biar gak capek belajar. Tapi setelah gue masuk ke dunia dewasa, ternyata gue pun mengalami state "gak siap" itu.

Ada banyak perubahan yang didapet ketika kita jadi dewasa. Ada yang menurut gue positif tapi cukup banyak yang negatifnya. Negatif yang gue alamin sendiri itu, semakin susah nyari temen yang bener-bener bisa ngertiin kita, semakin banyak pertimbangan walaupun sekedar hal sepele, semakin jadi orang yang tertutup karena nyari orang yang bisa dipercaya itu cukup sulit terutama untuk hal-hal pribadi, semakin banyak pikiran entah mikirin apa, dan lain-lain. Sementara yang positifnya itu gue ngerasa semakin kenal diri gue sendiri gue tau maunya gue gimana gue gak sukanya apa, tertantang mencoba hal-hal baru yang positif yang gak bisa dilakuin anak kecil, semakin bertanggung jawab setelah pertimbangan tadi, semakin care sama sekitar, semakin ingin hidup sehat, semakin ingin memperbaiki diri, dan semakin bisa membuat life plan sesuai kapasitas diri (soalnya kalo dulu bikin life plannya idealis banget, kalo mau sesuatu ya ditulis aja, padahal kemampuannya jauh).

Pun bertambahnya umur gue sekarang juga bikin gue makin sadar, kalau udah waktunya jadi perempuan dewasa. Sudah saatnya berpikir "nanti gimana" bukan lagi "gimana nanti". Sebisa mungkin gue susun rencana hidup, walaupun pada akhirnya mungkin manusia cuma bisa berencana. Evaluasi diri pun harus lebih sering dilakukan, terutama rohani, lebih harus mikirin tabungan akhirat. Rencana studi dan karier pun sudah harus dipersiapkan matang-matang. Setelah lulus sebetulnya gue lebih pengen kerja dulu, pokoknya gue pengen vakum dulu dari dunia pendidikan formal, abis gitu baru deh S2. Dan satu hal yang sebenernya gue juga ragu ini harus gue pikirin apa engga itu: Jodoh. Hehe. Gak tau kenapa gue sekarang lebih gemes kalo liat anak kecil, mulai suka masak, mulai memperhatikan penampilan, dan mulai berangan-angan kaya gue nanti pengen punya rumah kaya gini, kalo punya anak mau kaya gini, nanti rumah tangganya mau kaya gini dll deh. Gue sendiri memang belum menemukan si calon imam itu. Tapi gue sadar, gue harus lebih memperbaiki diri, karena yang gue tau jodoh kita itu cerminan diri kita, perempuan yang baik pasti dapet laki-laki yang baik juga (kecuali di sinetron). Terakhir harus lebih mikirin keluarga, banyakin quality time bareng keluarga, karena gue sadar cepat atau lambat gua bakal hidup di luar rumah orang tua gue, entah itu untuk kerja, ngelanjutin studi, atau pindah ke rumah suami :))

And now, I am ready to be a woman. Happy birthday to me! :D

Growing old is mandatory, but growing up is optional -Walt Disney

Tidak ada komentar:

Posting Komentar