One Day Hiking (Gunung Batu Jonggol)

Assalamualaikum :)

Awal Januari lalu saya dapet pengalaman baru, yaitu pertama kali saya naik gunung, tepatnya Gunung Batu yang ada di daerah Jonggol, Kab.Bogor. Sebenernya secara kontur dengan tinggi 875 mdpl, Gunung Batu itu termasuk bukit bukan gunung, cuma menurut saya sendiri butuh adrenalin khusus buat sampe ke puncak bukit ini. Foto di atas itu adalah foto Gunung Batu yang diambil dari kaki bukitnya. Sesuai namanya, bukit ini dipenuhin sama batu-batuan, termasuk di puncaknya. Nah kalo dilihat dari foto, memang puncak bukit ini cukup terjal, kalo dari kejauhan itu kaya hidung yang mancung wkwk

Kalo dari Dramaga buat ke lokasi ini butuh waktu kurang lebih 2 jam perjalanan naik motor. Rutenya juga gak terlalu rumit kok, pokoknya ambil arah ke Sentul terus cari jalan ke arah Jonggol via Google Maps. Oke ini gak membantu ya wkwk abis aku tak tau jalan :" View di perjalanan juga gak akan bikin bosen dan capek kok, kita bisa liat bukit-bukit lain yang dikelilingin sama sawah di sepanjang jalan, jadi menurut saya sendiri hal ini termasuk "cuci mata" dari lalu lintas Dramaga yang gak pernah berenti macetnya. Bukit ini itu paling keliatan dari bukit-bukit yang lainnya, ya karena dia punya puncak yang cukup terjal itu. Bahkan awalnya saya dan temen saya gak ngira kalo bukitnya itu yang ini. Tapi ternyata titik Google Maps nya berenti pas di bukit ini.

Oiya untuk yang bawa kendaraan ada tempat parkirnya kok, bayar parkirnya itu Rp 15.000. Dari tempat parkir itu kita harus jalan kurang lebih 300 m buat ke gerbang pendakiannya. Kondisi jalannya belom terjal, cuma becek karna waktu itu lagi musim hujan. Keadaan jaannya bisa diliat di bawah ini

Begitu sampe di gerbang pendakian ada penjaga yang bakal narik uang kebersihan sebesar Rp 15.000/orang. Kalo kalian mau kemping disini bayarnya Rp 20.000/orang. Foto gerbangnya kaya gini nih. Foto ini diambil pas turun sebenernya, jadi mukanya udah lelah letih lunglai deh wkwk

Dari gerbang kita mulai masuk ke jalur pendakian. Nah di awal ini kita bakal lewatin tanjakan, namanya tanjakan Kebo. Sebenernya gak terjal sih, masih datar malah, cuma karena jalannya licin jadi sebaiknya udah hati-hati disini kalo gak mau bajunya udah kotor di awal.
Foto tanjakan Kebo dari arah atas
Setelah tanjakan Kebo inilah pendakian mulai terasa nyata wkwk Jalanannya mulai terjal dan menyempit, dan pohonnya makin berkurang, tinggal ilalang yang kalo dipake buat pegangan ya bakal kecabut ilalangnya dan kita malah jatoh deh. Tapi di beberapa tempat ada tali tambang yang bisa ngebantu buat naik. Sekitar 200 m dari gerbang pendakian kita bakal sampe di checkpoint yang pertama dan satu-satunya ini. Jadi tuh kaya lahan cukup luas dan di tempat ini biasanya dipake buat kemping. Walaupun belom tinggi, tapi view dari tempat ini udah bagus banget, bisa diliat dari foto di bawah

Di tempat ini nih waktunya istirahat sebentar sama minum yang banyak, soalnya jalan selanjutnya itu lebih menguras keringat. Kalo mau naik bukit ini bawa air sih sebaiknya, minimal yang 600ml lah, karena kerasa sih keringetnya tuh kekuras. Soalnya pas nyampe titik ini aja tuh punggung rasanya udah basah. Setelah dari titik ini, kita bakal ngelewatin jalan yang lebih curam terus lebih sempit, lebar jalannya itu 1-2 m dan di kanan kirinya itu langsung jurang, jadi kalo salah langkah sedikit dan lagi gak beruntung ya udah deh. Dan emang udah ada korbannya juga kok, kalian bisa googling kalo di tahun 2015 bukit ini pernah makan korban, jadi walaupun keliatannya pendek harus tetep hati-hati ya.
Jalannya mulai menyempit dan lebih licin, itu yang keliatan bukan puncak ya

Daaann semakin tinggi jalannya makin sempit, tapi untungnya makin ke atas juga makin banyak batu yang bisa dipake buat pijakan terus ada tali tambang yang bisa kalian pake buat pegangan, jadi ga perlu pegangan doi wkwkwkwk
Jalan yang makin ke atas
Walapun cukup menguras tenaga, tapi selama mendaki bukit ini, mata kalian bakal disuguhin sama pemandangan alam yang cantik banget dan ngurangin rasa capek. Kaya gini contohnya
Itu tanda panah putih checkpoint tadi

Hampir sampe puncak, tapi masih jauh juga sih
Nah dari foto yang terakhir itu, itu jadi tempat buat minum terakhir sebelum ke puncak. Abis dari situ jalanannya ke puncak lebih parah lagi terjalnya, bahkan ada satu titik yang hampir 90 derajat kemiringannya jadi buat naik batu itu harus scrambling sambil megang tali. Sampe sekarang saya juga gak nyangka bisa lewatin batu itu. Bayangin naiknya aja susah, gimana turunnya. Bahkan saya sempet nyerah di titik ini, tapi karna penasaran akhirnya lanjut juga. Daan begitu sampe puncak, perjuangan tadi tuh kaya kebayar sama pemandangan yang MasyaAllah indah. Dari puncak bukit ini kita bisa liat rumah-rumah warga yang kecil kaya monopoli, bahkan menurut salah satu blogger dari puncak ini kita bisa ngeliat sedikit Gunung Pangrango. View dari puncaknya itu kaya gini

Di puncak ini ada tiang bendera sama tulisan ala-ala gitu, sama ada kaya benda in memoriam buat korban yang jatuh dulu. Jujur waktu liat itu saya jadi takut turunnya gimana nanti wkwk

Langitnya cerah ya? Iya tapi panas banget. Jadi persiapan bawa payung aja buat di puncak wkwk
Another view
Sebenernya itu masih bisa jalan ke depannya lagi, tapi saya gak berani, jadi cuma sampe situ aja deh. Keliatan kan kanan-kirinya udah jurang kaya gitu hehe. Setelah istirahat dan ngerasa cukup foto-foto, kita turun deh. Buat turun juga butuh perjuangan, cuma lebih kerasa waktu dakinya. Nah buat turun ini sebaiknya kita tetep pegangan tali terus turunnya itu mundur, jadi beban tubuhnya tetep ada di tempat yang lebih tinggi, atau kalo takut juga bisa nyelosor dari satu batu ke batu lainnya (eh apa ya bahasanya? ya pokoknya gitu deh wkwk)

Alhamdulillah bisa turun dengan selamat Yeaay. Awalnya saya seneng karena baju saya gak kotor-kotor banget, cuma bagian belakangnya doang akibat nyelosor-nyelosor batu tadi. Eh pas  turun di tanjakan Kebo, padahal pegangan tas temen, malah kepleset :" jadi deh foto di gerbang tadi lututnya ada bekas tanah-tanahnya.

Oiya kalo naik bukit ini sebaiknya emang gak lagi musim hujan, soalnya kalo lagi hujan itu bahaya banget karna batu-batuannya jadi lebih licin. Buat timing dakinya sendiri banyak blogger yang nyaranin naik pas pagi atau sore hari biar waktu nyampe puncak gak terlalu panas. Tapi waktu itu saya naik pas siang, jam 11-an karena biar gak kena hujan juga. Waktu pendakiannya sekitar 1-1,5 jam. Saya kemaren itu sekitar 1,5 jam karna banyak berenti wkwk maklum ya pertama :v Ada baiknya juga sebelum kesini liat prakiraan cuaca di hp dulu biar timing dakinya pas. Satu lagi, jangan ninggalin sampah selama mendaki, walaupun kita udah bayar uang kebersihan tapi kan kita juga punya tanggung jawab buat ngejaga bumi ini. Saya sedih karena banyak sampah-sampah makanan nyelip di ilalang-ilalang sepanjang jalan. Bumi dan isinya ini emang buat kita, kalo bukan kita yang ngejaga, siapa lagi?

Mendaki gunung ternyata gak seserem yang saya pikir di awal. Malah menurut saya ketika mendaki ini kita bisa tau sebenernya diri kita itu kaya gimana. Dan alam emang gak pernah salah. Sekian pengalaman saya, kalo kalian punya cerita seru atau tips buat mendaki bukit ini, bisa share di komen ya.

Terimakasih :)
For me, I like this place, because it makes me realize how tiny I am and my problems are